Halaman Depan   Laporan Utama   Tajuk 68H   Profil 68H   Agenda 68H

Thursday, February 17, 2005

TII: "Jakarta, Kota Terkorup"

(KBR 68H - 17 Februari 2005) - Survei Lembaga Swadaya Masyarakat Transparansi Internasional Indonesia menyebutkan, Jakarta merupakan kota paling tinggi angka korupsinya di Indonesia. Sementara, Bea Cukai dimasukkan sebagai lembaga pemerintah yang banyak merima suap. Survey itu dilakukan terhadap 13 ribu lebih pelaku bisnis lokal, nasional, dan internasional selama bulan Oktober hingga Desember 2004.

Dalam situsnya di internet, Transparansi Internasional Indonesia menyebutkan, selain Jakarta, kota paling korup berikutnya adalah kota Surabaya di Jawa Timur serta Medan, Sumatera Utara. Menurut indeks persepsi korupsi yang didapat dari hasil survey, kota yang dianggap paling rendah angka korupsinya adalah Kabupaten Wonosobo di Jawa Tengah, Kota Banjarmasin di Kalimantan Timur dan Kota Makassar, Sulawesi Utara.

Para pebisnis paling banyak melakukan interaksi korupsi dengan Bea Cukai, Kepolisian, dan lembaga peradilan. Untuk jumlah suap, total yang dibayarkan oleh 13 ribu responden selama setahun kepada pemerintah pusat mencapai Rp 52 miliar. Suap paling banyak dibayarkan ke Bea Cukai dan pihak Pajak. Di tingkat daerah, suap paling banyak dibayarkan kepada pemerintah daerah, DPRD dan partai politik. (viv)