Halaman Depan   Laporan Utama   Tajuk 68H   Profil 68H   Agenda 68H

Wednesday, February 09, 2005

Meski Dikecam, SBY Tetap Buka Porwanas

(KBR 68H - 9 Februari 2005) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, hari ini membuka Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas), serta peringatan Hari Pers Nasional 2005 di gedung DPRD Provinsi Riau. SBY tetap membuka acara Porwanas, meski dikecam banyak kalangan.

Porwanas diikuti lebih dari 1500 atlet wartawan dari berbagai daerah. Sekitar 1000 personel aparat kepolisian mengamankan kegiatan olahraga wartawan yang dibiayai dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Riau. Kegiatan olahraga wartawan itu menelan anggaran 9 milyar rupiah, atau membengkak dari rencana semula 6 milyar rupiah.

Sementara itu, pembukaan Porwanas hari ini, diwarnai aksi unjukrasa yang dilakukan puluhan mahasiswa dan sejumlah organisasi menggelar aksi demonstrasi menentang kegiatan pesta olahraga wartawan yang diambilkan dari anggaran daerah dan uang rakyat. Mereka yang tergabung dalam Aliansi LSM Ormas Peduli APBD Riau, menentang penggunaan APBD Riau untuk membiayai untuk Porwanas.

Mereka menuntut Presiden Yudhoyono agar membatalkan Porwanas, dan meminta Gubernur Riau agar membatalkan alokasi dana tambahan sebesar tiga milyar rupiah, dan menggelar audit penggunaan dana APBD itu.

"Ada enam milyar dipakai untuk membiayai Porwanas. Padahal kita tengah berduka. Aceh tengah bencana, di Riau juga banyak kabupaten yang kena banjir dan kabut asap. Di sini, mohon maaf, kawan-kawan wartawan tengah berfoya-foya disini, dengan menggunakan dana APBD Riau. Wartawan seharusnya mengedepankan moralitas. Dana enam milyar itu dipakai siapa," ujar Koordinator Aksi, Johny S Mundo.

(Kontributor Pekanbaru Riau, Taufik Bambang)