Halaman Depan   Laporan Utama   Tajuk 68H   Profil 68H   Agenda 68H

Wednesday, February 09, 2005

Pemda NTB Siap Tanggung Biaya Pengobatan DBD

(KBR 68H - 9 Februari 2005) - Untuk mencegah bertambahnya korban jiwa akibat penyakit Demam Berdarah Dengue dan diare di Nusa Tenggara Barat, pemerintah daerah NTB siap menanggung biaya pengobatan seluruh penderita dari kalangan miskin. Untuk itu, Wakil Gubernur NTB HB Thamrin Rayes meminta, agar keluarga miskin segera membawa keluarga yang menderita demam berdarah dan diare ke rumah sakit atau puskesmas terdekat. Thamrin Rayes meminta, warga miskin tidak perlu memikirkan biaya pengobatan.

"Tidak usah memikirkan dana untuk biaya pengobatan, yang penting selamat dulu. Soal dana dari mana, yang penting kita carikan. Saya tidak setuju, kalau tidak tersedianya anggaran membuat kita mengabaikan orang sakit. Yang penting, bagi rumah sakit, terima dulu itu pasien," kata Thamrin Rayes.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Nusa Tenggara Barat, hingga Selasa (8/2) penderita diare berjumlah 114, dan penderita demam berdarah berjumlah 138 orang di seluruh kabupaten dan kota di NTB. Jumlah penderita terbanyak berada di kota Mataram. Jumlah korban meninggal mencapai enam orang, masing-masing tiga orang meninggal akibat diare dan tiga orang meninggal akibat demam berdarah. (Abdul Latif Apriaman, Radio Mandalika, Lombok, NTB)