Halaman Depan   Laporan Utama   Tajuk 68H   Profil 68H   Agenda 68H

Wednesday, February 09, 2005

AJI: Porwanas PWI Buka Peluang Korupsi Terstruktur

(KBR 68H - 9 Februari 2005) - Ketua Aliansi Jurnalis Independen, Edy Suprapto melihat ada peluang korupsi terstruktur terkait digelarnya Pekan Olah Raga Wartawan Nasional, Porwanas. Peluang itu berasal dari penggunaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah, APBD untuk kegiatan Porwanas. Edy Suprapto meminta, Komisi Pemberantasan Korupsi, KPK melakukan menyelidiki penggunaan dana untuk Porwanas. Edy Suprapto juga menandaskan, Porwanas tak berhubungan dengan peningkatan profesi wartawan.

"KPK sebaiknya melakukan uji materi, apakah wartawan itu salah satu bagian dari unsur yang pantas mendapat support (dana-Red) dari pemerintah? Bagaimana dengan guru, petani, mahasiswa? Kalau ini memang ada KKN antara pihak yang memberi dan yang menerima, sebaiknya ini masuk dalam delik korupsi," tegas Edy Suprapto.

Saudara, Persatuan Wartawan Indonesia, PWI mengelar Pekan Olah Raga Wartawan Nasional, Porwanas 8 hingga 18 Februari 2005 untuk memperingati hari pers nasional. 12 cabang olah raga akan dipertandingkan. 32 cabang PWI dari berbagai daerah mengikuti pesta olah raga itu. Menurut rencana hari ini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan membuka Porwanas di Pekanbaru, Riau. Porwanas menghabiskan dana sekitar 6 Milyar rupiah. (ryan)