Halaman Depan   Laporan Utama   Tajuk 68H   Profil 68H   Agenda 68H

Wednesday, February 09, 2005

Baru 175 Anak Aceh yang Terdaftar Hilang

(KBR 68H - 9 Februari 2005) - Jaringan antar instansi bekerjasama dengan Departemen Sosial, baru mendaftar 175 anak hilang di Aceh. Data ini berasal dari sejumlah titik pengungsi di Banda Aceh.

Salah satu LSM yang masuk jaringan itu, LSM Save The Children, melalui Direktur Media dan Komunikasi Publik-nya, Mike Kirmen menyebutan kegiatan ini adalah hanya merupakan langkah pertama agar anak-anak hilang dapat bertemu dengan keluarga mereka. Menurut Mike Kirmen, jaringan ini juga mengkoordinasikan kegiatan pendaftaran, pencarian dan reunifikasi keluarga.

"Kami merasa ini hanya langkah pertama dari suatu perjalanan yang cukup panjang. Kami berharap, mereka nanti akhirnya bisa dipertemukan kembali dengan keluarga masing-masing. Banyak organisasi asing yang akan memberikan bantuan kepada mereka. Kami membantu mereka antara lain dalam bidang pendidikan," kata Mike Kirmen.

Jaringan ini sudah berhasil mempertemukan 15 anak hilang dengan keluarganya. Jaringan ini juga menjalankan kegiatan pendidikan bagi anak-anak berupa bimbingan psikologis dan bermain. (Cut Aulia, Prima FM, Banda Aceh)