Halaman Depan   Laporan Utama   Tajuk 68H   Profil 68H   Agenda 68H

Thursday, February 03, 2005

Kebakaran Hutan Gambut di Riau Bisa Akibatkan Krisis Air di Sumatera

(KBR 68H-3 Februari 2005) Kebakaran hutan yang terjadi di Riau telah memporak-porandakan kawasan gambut yang ada di propinsi itu .Aktivis LSMĀ  Lingkungan Teuku Arikul Amri mengatakan kerugian yang paling besar akibat peristiwa ini adalah lingkungan hidup yang rusak parah. Kerusakan lahan gambut di Riau yang terjadi sejak Januari hingga awal Februari mencapai sekitar 1300 hektar. Lahan gambut ini juga berfungsi sebagai resapan air sehingga bisa mencegah bahaya banjir.

Teuku Arikul Amri mengatakan jika kebakaran ini tidak ditangani maka bakal terjadi krisis air bersih di Sumatera tahun 2010, sementara di Riau krisis air sudah dimulai tahun ini.

Teuku Arikul Amri menambahkan daerah yang akan mengalami krisis air bersih terjadi di kota-kota besar seperti di Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Riau dan Jambi. Kawasan-kawasan ini sangat tergantung pada kualitas hutan di punggung Bukit Barisan.

Dia menegaskan satu-satunya cara untuk menyelesaikan masalah ini adalah penegakkan hukum di lapangan. Keberanian pemerintah untuk menindak pelaku-pelakunya menjadi ujian kabinet sekarang.(ton)