Halaman Depan   Laporan Utama   Tajuk 68H   Profil 68H   Agenda 68H

Wednesday, February 09, 2005

Departemen Kehutanan: "60 Persen Hutan di Bengkulu Rusak Dirambah Petani"

(KBR 68H - 9 Februari 2005) - Sekitar 65 ribu hektar hutan di Kabupaten Seluma, Bengkulu, rusak akibat perambahan hutan. Jumlah tersebut mencapai 60 persen dari total hutan yang ada. Pejabat Dinas Kehutanan Kabupaten Seluma, Iskandar R, memerinci, 12 ribu hektar hutan yang rusak berada di dalam kawasan hutan lindung, hutan produksi dan cagar alam, serta 53 ribu hektar hutan berada di luar kawasan hutan lindung.

Iskandar mengatakan, kerusakan hutan disebabkan perambahan yang dilakukan masyarakat petani yang membuka lahan perkebunan kopi. Kerusakan antara lain terjadi di Hutan Lindung Bukit Tanggul, Cagar Alam Pasar Ngalam, dan sekitarnya.

Lebih lanjut Iskandar R mengatakan, lembaga terkait dalam pengawasan hutan, cenderung memfokuskan pada pengawasan terhadap penebangan hutan secara liar (illegal-logging). Padahal, dampak kerusakan akibat perambahan hutan lebih besar. Sementara itu, Dinas Kehutanan mengaku tidak memiliki kemampuan mengawasi perambahan hutan, karena peralatan terbatas. Luas hutan di Kabupaten Seluma Bengkulu, seluas 82 ribu hektar. (Julis Martoni, Radio Flamboyan, Bengkulu)